Mendidik: cuma butuh dorongan

4
332

Semua orang punya potensi yang sama untuk cerdas, cakap, lihai dan profesional tapi sedikit dari mereka memiliki lingkungan yang supportive.

Beberapa pelajar bahasa inggris yang saya temui di pare kampung inggris, mereka datang dengan segala kekurangannya, ada yang kurang percaya diri, kurang dorongan belajar, kurang perhatian dan bahkan belum selesai dengan dirinya. Alhasil mereka malah menjadi pribadi yang minder dan kurang cepat berkembang, memang tidak ada ukuran pasti, tapi untuk hal ini, bila dari mereka memasuki umur 20-an, harusnya belajar itu akan mengasyikkan.

Case pertama ada dikelas, saat diminta menjadi pembicara, tidak semua, tapi satu atau dua student akan gugup. Wajar bila terjadi sekali saja, tapi bila masih berulangkali, ini menjadi perhatian. Apa yang sebenarnya mereka hadapi di lingkungan sekondusif ini? Case kedua ada area non-kelas seperti homestay, dormitory dan area bebas, tapi masalahnya tidak jauh berbeda, mereka memilih diam daripada salah, padahal salah dalam belajar itu bukan sesuatu yang perlu disembunyikan.

Menanyakan hal begini cukup beralasan tapi mencari tahu pengalaman dan masalalu mereka lebih punya potensi untuk menemukan jawaban.

Beberapa students punya pengalaman buruk seperti bulying, hal yang sangat menurunkan mental, bisa menggerogoti siapapun baik si cerdas atau si biasa saja. Semakin lama mereka berada di lingkungan seperti itu maka akan semakin berdampak pada perkembangan karakternya, sikap kurang percaya adalah salah satunya.

Untuk mengembalikan karakter mereka akan butuh waktu lama, mungkin bertahun. Tapi menciptakan lingkungan yang konfusif dan selalu memberi dorongan hanya butuh waktu sebentar saja.

Dengan cara ini beberapa telah mampu keluar dari masa lelahnya belajar dan masuk ke masa menyenangkannya hafal vocabulary bersama. Tidak ada minder maupun curiga bahwa teman sedang meledekinya.

Selaku pengajar, mentor, tutor atau guru biasa silahkan saja melanjutkan materi ajar tapi kalau saya, hal kecil ini selalu jadi amatan, membantu mereka menjadi pribadi positif dan termotivasi untuk berkembang adalah hal yang lebih banyak membawa perubahan.

baca juga: Membaca sastra abad 18+

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here