Jalan Dosa Masing-masing

0
129

Jalan dosa. Aku bingung harus mulai menulis cerita ini dari mana.  Tapi, menurutku memilih jalan dosa menarik untuk diulas. Sebab, umumnya manusia bakal bingung bila disuruh berbuat jahil, aku pun demikian.

Aku menulisnya buat yang suka banget ngomentari hidup orang dan  kurang kerjaan selama pandemi covid-19 ini. Setiap hari ada aja urusan baru yang dibuat. Seolah dapat undangan mengumpat, semua yang suka, akan ikut nimbrung ambil peran buat ghibah. Jamaah itu pada kebaikan woi, dosa mah sendiri-sendiri aja.

Jadi, ulasan ini berguna banget ya. Pertama, aku bakal kasih tahu level dosa yang kalian terima bila melakukannnya. Kedua, aku juga bakal mengulas deskripsi dosa yang diikuti. Ketiga, dalil-dalil dosanya, sesimpelnya.

Bila kalian kurang kerjaan, yuk dibaca tuntas saja tulisan sampah ini. Semoga kalian bisa sadar dan tulisan ini bisa kasih kalian gambaran kegiatan yang ringan dosanya sampai yang berat dosanya. Jadi ketimbang kalian ngumpatin orang, lebih baik cari kegiatan yang dosanya ga kalah berat dari itu. Jadi, tidak perlu lagi berjamaah mengumpat.

Preferensi kalian mungkin berbeda dengan aku. Bisa jadi pilihan dosanya juga tergantung pada tingkat kemakmuran. Jadi, mungkin ini lebih cocoknya ke kelas ekonomi menengah, berikut adalah options dosa dari kelas buruh lepas. Lumanyan kan, sedang tidak bekerja, jadi bisa lebih fokus pada membangun sin-awareness.

  1. Nonton Video tiktoknya Vienbabina

Uhui, idaman banget. bergetar jiwa jomblo-ku. Seribu kalimat, belumlah cukup buat ngungkapin perasaan aku nonton video tiktok cakepnya Vien. Pernah scroll Instagram? Coba cari ketik nama diatas, pasti ketemu deh akun dia yang ber-follower 248rb.

Dosanya lumanyan nih, bila pikiran kalian ter-distract saat salat maka celakalah kalian. Udah capek-capek salat, tapi pahalanya tidak dapat karena tidak kushu`. Ada dalilnya nih kalau memang mau tahu. Firman Allah SWT ” Celakalah orang yang salat, tetapi lalai dalam salatnya. (QS. Al-Maauun: 4-5). Paham akibatnya kalau tidak kusyuk salat kan? Tapi bukan juga nonton…

2. Video asupan gizinya si Kekeyi

Terkadang dunia hiburan juga berlebihan dalam mencandai dunia. Semua hal menjadi lelucon termasuk hal pribadi seseorang. Tahu kah? Semakin video si Kekeyi ditonton, malah bikin ingin mengumpatkan. Ya kan?

Aku setuju dengan sebuah kutipan bahwa “menghargai badut adalah dengan menertawakannya” tapi khusus buat videonya si Kekeyi beda. Niatku nulis artikel ini supaya kalian tidak misuh lagi. Ibaratnya kalau kita menggunjing kejelekannya sama saja seperti memakan daging saudara sendiri yang telah mati. Firman Allah: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan) karena sebagian dari purba-sangka itu adalah dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah mengunjing satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah maha penerima taubat lagi maha penyayang.” (QS. Al-Hujarat:12)

3. Baca novel blue-eyed evil

Hot. Alur ceritanya lebih pada ketidakmampuan tokoh protagonis menjalani hubungan sebagai suami-istri dengan lelaki yang dulunya dicintai tapi seiring waktu berubah karena sikap suami yang kasar. Hari-harinya dipenuhi siksaan. Apa ya? mungkin begini sajalah, biar kalian paham. Ceritanya, si perempuan trauma akan pernikahannya. Sepanjang cerita yang sudah kubaca, dari 21 chapter, baru tuntas 13 chapter saja, adalah si wanita mengalami pemerkosaan oleh suaminya sendiri, gimana itu ya?, aku juga bingung. Tapi itulah yang dibahas secara detail. Kemudian kabur, dan ceritanya berlanjut dari cerita di ranjang ke ranjang lainnya. Kurang betah kali ya. Bha ha ha.

Aku tidak benci cerita romance. Bahkan novel ini sudah aku cek harganya di Amazone harganya $17. Jadi aku bacanya di app Hp-ku gratis. Sejauh aku baca novel ini, pakai bahasa Inggris aku baca ya, bikin imajinasi liarku main banget. Percaya deh, kalau diterusin ini ga faedah tahu.

Jadi baca novel ini tergolong hal yang melalaikan. Tidak banyak manfaat yang kudapat, tapi kalau kalian, aku tidak tahu. Mungkin begini, karena berhubungan dengan syahwat, kita tertarik membaca buku itu sama seperti Adam tertarik pada buah Khuldi. Aku gak mau menyalahkan setan disini. Baca QS. Al-araf 7:20: Maka setan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya,untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan setan berkata: “Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kalian berdua tidak menjadi malaikat atau menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga).

4. Nongkrong di pinggir jalan

Ilustration

Sering menemukan pemuda duduk bersama di trotoar dan persimpangan jalan kan? perbuatan ini tergolong hal buruk dan dilarang. Bila suka akan keburukan yang datang, silahkan aja. Ketimbang kamu mengumpat dan membicarakan keburukan orang lain.

Tapi warning dari rasullullah keras. Sabdanya begini, dari said Al-khudri, bersabdalah beliau: ” Jauhilah duduk-duduk di jalan.” Para sahabat berkata, “Wahai rasulullah, kegiatan kami duduk (dijalan) ya hanya (dipinggir) jalan itu. Kami biasa bercengkrama saat itu.” Rasulullah lalu bersabda: Kalau kalian memang sulit berpindah dari berkumpul (seperti itu), maka berikan kepada jalanan itu haknya. Para sahabat bertanya lagi: “Apa hak dari jalan itu ya rasulullah?” Rasulullah menjawab, menundukkan pandangan, tidak menyakiti, membalas salam, menyampaikan kebaikan dan melarang kemungkaran.

Baca Juga : Membaca sastra abad 18+

5. Terakhir, main gaplek, Domino

Aku tidak mau bilang kalian berjudi. Pasti kalian sekedar menghabiskan waktu aja akan? bermain hal-hal begini sama saja, melalaikan. Tapi ketimbang mengumpat, ya, ini lebih ringan. Ruginya ditanggung sendiri.

Tapi, perlu diketahui bahwa, sejak lama, kita sudah diingatkan bahwa hal yang melalaikan tidak membawa kebaikan sama sekali. Apalagi untuk akhirat kelak. Firman Allah dalam Al-quran ” Demi masa, Sesungguhnya manusia dalam kerugian. Melainkan, orang-orang yang beriman dan beramal saleh.”(QS Al-Ash 1-3)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here