Dari agama untuk makanan: Halal vs Kosher 2022

Gambaran umum pertama bahwa makanan di London ini bisa jadi hasil produksi warga kristen khatolik, atheis atau protestan dimana mereka tidak memiliki aturan agama tertulis mengenai makanan (untuk label).

2
486

Ulasan terkait halal dan kosher berikut ini merupakan sebuah “bacaan informasi” dimana sengaja dikemas untuk berbagi hal menarik yang penulis temui selama studi di London.

Tentu setiap muslim merasa was-was terhadap barang konsumsi saat berada di belahan bumi Tuhan yang minoritas Islam seperti daerah USA, Europe dan UK. Alasan utama datangnya was-was karena produk yang dipasarkan secara bebas mengandung bahan-bahan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh muslim pada umumnya, terlebih itu “makanan”.

Di London, United Kingdom, gerai-gerai makanan, restaurants, cafe, dan Toserba hanya sedikit saja dimiliki oleh kaum muslimin. Kenyataan ini sangat mendorong penulis untuk memberikan gambaran umum terkait makanan yang tersaji disana. Alasannya karena masih ada juga beberapa muslim pendatang baru yang belum tahu cara memilih dan memilah makanan yang mau dibawa pulang. Dan, masih ada juga yang mengabaikan hal-hal kecil padahal itu bisa membantunya menemukan makanan “halal” untuk dimakan yaitu label “kosher“.

Kosher product

Gambaran umum pertama bahwa makanan di London ini bisa jadi hasil produksi warga kristen khatolik, atheis atau protestan dimana mereka tidak memiliki aturan agama tertulis mengenai makanan (untuk label). Sajian mereka cukup mencemaskan pendatang seperti muslim atau yahudi yang umumnya dilarang agamanya untuk mengkonsumsi produk turunan babi. Ada saja unsur hewan tersebut pada tiap produk olahan makanan mereka seperti pada Pie, pizza, hot-dog, dan beberapa kreasi makanan lainnya. Gambaran kedua adalah pemasaran produk berbahan babi lainnya memiliki beragam istilah karena bukan saja berasal dari dalam UK, produk makanan berbahan babi juga berasal dari luar sehingga istilah makanan berbahan babi tidak saja “pork”, “bacon”, dan “ham” tapi bisa jadi “machacha” (mexico), “Cassoela” (Italy), “Cha Sui Bao” (China), “Flaeskestek” (Denmark), “Goetta” (US), “Gelbi” (Korea) dan lebih banyak lagi. Gambaran ketiga adalah unsur babi pun bisa juga terdapat pada makanan ringan, permen dan minuman yang menggunakan gelatin dan lemak hewan untuk menguatkan kualitas dan citarasa contonya Cereal, Yogurt, permen karet dan jus buah.

Jika hidup di negara muslim atau di negara manyoritas muslim, kita tidak perlu repot mencemaskan segala yang kita makan karena negara sudah menyiapkan sebuah lembaga yang mengurus sertifikasinya, contohnya Indonesia dulu punya MUI yang mengeluarkan aturan itu -sekarang dikelola langsung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementrian agama RI . Malaysia punya Jabatan Kemajuan  Islam Malaysia (JAKIM) dibawah kontrol perdana mentri yang sekarang masih terus berjuang menindak tegas pedagang makanan (ka-fa-ra) yang menyamarkan produk non-halal untuk dijual.

Secara umum manyoritas muslim paham bahwa segala jenis makanan awalnya halal dimakan sampai ada aturan agama yang membatalkannya. Jadi, selain produk berbahan babi (khinzir), produk makanan lainnya sah-sah saja untuk dikonsumsi sampai datang larangan yang membatalkannya. Hal serupa juga terdapat dalam agama yahudi terkait larangan dan kebolehan produk dikonsumsi oleh penganutnya. Sekarang mari kita ulas kedua label agama, “halal dan kosher” untuk menemukan persamaan dan perbedaan keduanya.

Halal dari Islam

Label halal ini akan disematkan untuk setiap produk makanan bila memenuhi kriteria yang telah dianjurkan agama. Hal tersebut bukan saja bertujuan untuk mematui aturan tuhan semata namun untuk menjaga kesehatan tubuh. Adapun dalam Islam, produk makanan yang halal dimakan sangat banyak namun ada beberapa yang dilarang seperti produk babi dan turunannya, darah, bangkai, hewan mati tercekik, hewan mati terkaman binatang buas, sembelihan tanpa menyebut nama Allah, dan produk sesajen (QS. Al-Maidah:3; QS. Al-an`am: 121; QS. An-Nahl: 115). Lebih lanjut lagi haram juga hukumnya memakan hewan pemakan kotoran (HR. Ibnu Majah:3180), hewan yang diperintahkan agama untuk dibunuh seperti ular, tikus dan anjing hitam (HR. Sunan An-Nasai: 4206). Binatang buas dan burung yang memiliki cakar (HR. Sunan abu Dawud: 3312).

Kosher dari Yahudi

Yahudi juga memiliki sejumlah makanan yang telah dilarang hukum agama untuk memakannya, aturan tersebut dimuat dalam label “Kosher” yang bermakna baik atau boleh untuk menunjukkan bahwa produk yang diperdagangkan bebas dari unsur hewan tersebut. pertama hewan kosher berasal dari mamalia yang mengunyah makanan dan berkuku belah. tergolong kedalamnya yaitu:diantaranya addax, antelop, banteng, sapi, rusa, kijang, jerapah, kambing, ibex, dan domba. Unggas yang tergolong “non kosher” ada  dua puluh empat jenis tidak terinci disini, namun yahudi umumnya memakan beberapa unggas saja seperti ayam, turkey, bebek dan angsa (di USA, baca artikel ini, kosher food). Ikan yang kosher buat dikonsumsi harus bersisik dan memiliki sirip sedangakan kerang tidak boleh dimakan. Adapun tambahan larangan bahwa memakan ikan bersamaan dengan daging hewan darat itu haram atau produk yang mencampur keduanya.

Halal vs Kosher

Dari dua label tersebut bisa ditemui bahwa daging merah santapan yahudi tersebut juga halal di agama Islam seperti banteng, rusa dan sapi. Tambahan lagi bahwa yahudi juga tidak mengkonsumsi babi karena tidak tergolong hewan kosher -kriterianya tidak memenuhi (bacaan lanjutan disini). Unggas yang dikonsumsi yahudi juga halal dalam Islam, seperti ayam, turkey, bebek dan angsa. Ikan yang dikonsumsi yahudi juga halal dalam islam.

Yang paling menarik untuk dibahas adalah terkait penyajian dan perlakuan terhadap hewan dan unggas dari kedua agama tersebut. Islam dan Yahudi sama-sama memiliki tradisi penyembelihan dan perlakuan yang lembut terhadap hewan. Pisau harus tajam untuk mempercepat penyembelihan. Dalam tradisi yahudi penyembelih haruslah orang khusus. Selain itu yahudi juga memantau daging sembelihan harus bersih dari darah yang mengalir, karena darah tergolong non-kosher.

Terkait ikan, yahudi memang lebih banyak pantangan dari islam karena mereka hanya boleh memakan yang bersisik dan bersirip selebihnya tidak boleh seperti kerang, kepiting dan lele yang sering muslim konsumsi. Bahkan untuk penjualan ikan pun, yahudi sangat waspada terhadap pengabaian aturan agama. Penjual harus memperlihatkan sisik kepada pembeli sebelum dipotong atau digiling. Bila di meja makan, maka peralatan makan buat ikan tidak boleh digunakan bersamaan buat daging hewan darat.

Demi mencapai standard kosher, yahudi mengawasi produk makanan sampai tahap penyajian melalui lembaga penjamin seperti “Manchester Beis Din” lembaga kosher International sama seperti pengawasan makanan halal lebaga penjamin halal di Indonesia, BPJPH RI, dan JAKIM di Malaysia sesuai ketentuan standard agama masing-masing.

Sebagai muslim yang baru saja sampai ke London, menemukan makanan bersertifikat halal itu jarang sekali karena muslim terpusat pada beberapa area komunitas saja seperti di east London dimana terdapat sejumlah muslim yang berdagang, di North End Road, South Kensington dimana terdpat sejumlah orang arab yang membuka usaha kelontong dan daging halal.

Penulis tidak bermaksud menganjur mengkonsumsi makanan kosher tetapi bila tidak yakin terhadap makanan yang akan dibeli itu bebas dari “unsur babi “, maka lihatlah label kosher pada packaging atau kemasan produk. Hal tersebut lebih menyelamatkan.

Selama penulis berada di London, hanya dua label saja yang mengindahkan larangan terhadap konsumsi babi yaitu “Halal dan Kosher” sedangkan selebihnya belum diketahui.

Baca juga Destinasi ke Pulau Gili Labak

2 COMMENTS

  1. “СМС cервиc” этo топ сервис пo арeндe cим-каpт, смс, Sip телефония на реальных сим, только у нас, Казахстан, Англия, Испания, Молдова, Чехия, Германия, РФ.

    Автомaтичeский тeлeгpамм магазин.

    Всегда в наличии сим-карты Испания, Англия, Геpмaния, РФ, Казахстан, Молдова, Чехия.

    Нет огpaничений по сeрвисaм, бaнки, бк pегиcтpиpуйтe что хoтите.

    СМС и звонки доступны 24/7, смс по умолчанию приxодят в телегрaмм бот.

    Нужна гoлосoвaя активaция, это тoже y нaс ecть, SIP тeлeфoния нa физичeских СИМ-картaх.

    Новая услуга добавлена в магазин, смс + входящий/исходящий звонок, наш оператор за вас прозвонит сим или примет входящий звонок, где требуется это!

    Всe cим-кapты физичеcкие, нe виpтуaльные.

    Вcегда в пpoдaже e-Sim Иcпания и другие страны.

    ✅ Не нашли нужную услугу, пишите, любые манипуляции с сим, регистрации, звонки, смс!

    Магaзин: @RobotSMS24Bot

    Админ: @SMService24

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here