Book 2 Review: a novel, Blue-eyed Devil

0
211

Sebelum tulisan ini ditulis, aku komen pada postingan sebelumnya, novel blue-eyed devil banyak adegan vulgar. Ya, alasannya karena tiap chapter berisi cerita ranjang. Tak pantas lah buat umum. Tapi, rasanya aku bersalah bila tidak mau mengabarkan sisi baik dari novel ini. Sekaligus opiniku terhadap “penyamaran makna” ke versi bahasa Indonesia.

Jadi, cerita sebenarnya adalah kisah Haven Travis, anak bangsawan Amerika. Dia tokoh protagonis, menjadi janda korban KDRT. Menentang ayahnya sendiri dengan menikahi kawan kuliah, dia tidak mendapatkan harta dari ayahnya. Disini ceritanya bermula.

Nick Tanner, adalah suami idamannya, Haven merasa akan bahagia dengan pilihan sendiri. Namun, fantasi hidup bahagianya berubah dengan: tidak mendapatkan perhatian dari ayahnya sendiri, dan mendapati suaminya sangatlah kasar. 2 tahun berumah tangga, harus melarikan diri dari rumah. Dan, berhasil keluar dengan wajah bonyok, dan bengkak di punggung sampai selangkangan. Tragis.

Ceritanya tidak tuntas disitu. Haven, melakukan rehabilitasi mental di Houston. Kembali bebas bekerja dan mengajukan perceraian dari sana. Tapi penyiksaan dari Nick bukan saja meninggalkan bekas luka tapi sampai mencederai mental, dia trauma, fear around men.

Belum lagi sembuh dari luka disekujur tubuhnya, datanglah Hardy Cate mendekati Haven. Dulunya, dia lelaki idaman kakak iparnya sendiri dimasa remaja, kini menjadi raja minyak. Berwibawa, baik dan pantas menjadi suami.

Cerita cinta Haven dimulai lagi. Ciuman mereka di pesta pernikahan temannya, Gage dan Liberti, membuat Hardy ingin membawa sesuatu ke level berikutnya. Dia yang tidak mengerti samasekali masa lalu Haven, menganggap dia adalah janda manja yang suka digoda. Jadi, Hardy Semakin gila mencoba memenangkan hatinya Haven. Membelinya apartemen dekat dia bekerja, membelinya hadiah yang mengingatkan masa lalunya dan mengajaknya berdansa.

Tapi Haven tidak mengerti maksud Hardy. Satu sisi, dia adalah rival bisnis berat keluarga Travis yang menunggu celah sedikit saja untuk menghancurkan bisnis mereka. Tadi disisi lain, dia adalah orang yang menurut gambaran rekannya sendiri adalah lelaki yang keren dan tough retro manly, dia suka ini.

Lahir sebagai a blue-eyed devil, a born seducer, si penggoda sejati, Hardy berhasil membuat Haven selalu nyaman dan selalu tampil sebagai pahlawan. Dia mampu mengajak anak bangsawan ini bermain dari tempat ke tempat, dan ke ranjang. Tapi tetap, dia tidak tahu masalah Haven.

Illustration: Reading a novel

Disini ketidaksetujuan saya terhadap terjemahan ke bahasa Indonesia ada, Haven ini trauma, mendapati dirinya dalam issue KDRT, bukan gugup. Ada penyamaran keadaan psikologis tokoh protagonis. Entah dimaksudkan supaya nyentrik bila disebut “janda gugup” dan bisa menggiring opini readersĀ ke arah humoris, saya tidak tahu. Jelasnya, ini kurang tepat. Upss, saya cuma baca bahasa iklan bukunya saja, bukan novel terjemahannya. Jadi, ya, itu saja.

Kemudian, datanglah waktu ketika hardy menggodanya di ranjang, Haven kikuk. Dia bertingkah seperti kucing kebakaran ekor, membuat Hardy bingung. Sampai dia, haven, berfikir alangkah lebih baik bila dirinya punya pengalaman tidur dengan orang lain dulu, supaya lebih rilex dengan pujaan hati.

Pertemuan mereka berdua menjadi kisah asmara utama dalam novel ini. Saling memahami dan menjadi penawar terhadap kisah tragis masing-masing. Haven adalah janda yang berusaha menerima dirinya kembali sebagai pribadi yang utuh setelah tercabik-cabik oleh masa-lalu dengan Nick. Hardy juga memiliki masa lalu lebih gelap, rasa dendam, dan berusaha keluar dari masalah pertikaian bisnis minyak di houston Industry.

Skenarionya pertemuan mereka juga sangat bagus. Haven adalah anak bandel, pemberontak kecil dari keluarga Travis dan menjadi kacau setelah memberontak kepada ayahnya. Kini dia berusaha menjauhi semua lelaki penggoda dan si penggoda, Hardy, yang datang kepadanya. Sebaliknya Hardy adalah Milyarder musuhnya kelurga travis, penggoda hebat se-kota Houston yang sedang berusaha menghilangkan beban masa lalunya, permusuhannya dan sedang mencari seorang istri yang bahkan tidak bisa dipenuhi oleh Haven sendiri.

Cerita tersebut berhasil membuat Novel Blue-eyed Evil sendiri menajadi bacaan best seller di USA. Serial cerita ini adalah satu dari dua buku lainnya tentang kelurga fiksi Travis yaitu Sugar daddy dan Smooth Talking Stranger. Penulisnya adalah Lisa Kleypas. Di Amazon, harga novelnya $20

Baca juga : Membaca sastra abad 18+

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here