Bitcoin, Uang Digital Masa Depan

4
302

Bitcoin. Hari ini saya buka kembali akun Indodax, Platform trading Indonesia untuk mata uang digital. February lalu, saya memutuskan untuk mempelajari mata uang digital ini. Dua alasan kuat mengapa saya melakukannya adalah: kepercayaan anak muda terhadap uang ini dan keuntungan yang ditawarkan terhadap penggunanya.

Bisa dibilang, munculnya mata uang jenis Crypto-currency sejenis Bitcoin telah membawa perubahan pada pandangan orang tentang uang masa depan. Terutama anak muda. Semakin hari, peminat bitcoin meningkat. Bukan cuma yang dari kota, tapi, dari daerah kecil juga sudah ada. Saya tidak paham, bagaimana caranya orang-orang mendapatkan informasi bitcoin ini. Mungkin peran media sosial.

Sama seperti saya. Dulu, informasi bitcoin tersebar lewat facebook. Tapi, tidak bisa saya pastikan lagi, apakah itu status kawan atau iklan yang lewat. Mendapati hal baru tentang dunia investasi dan trading, saya mendownload sebuah majalah berisi penjelasan crypto-currency. Dan phew, Cover depannya lambang Bitcoin.

Unik, saya dulu beranggapan Bitcoin adalah sejenis koin taruhan, ternyata bukan. Bitcoin adalah investasi, sama seperti emas. Disimpan dan dijual ketika harga naik. Memang, bila turun, kadang ini cukup beresiko. Holder bisa kehilangan uangnya sampai 0%. Tapi ini belum terjadi.

Saat ini harga Bitcoin melambung tinggi. kocek yang harus dikeluarkan untuk membeli 1 koin saja sekarang senilai 134.811.000 rupiah. Kenaikan ini telah dimulai sejak November 2019. Sebelumnya pernah jatuh ke harga 90.000.000 rupiah / 1 koin (satoshi). Silahkan kepo-in sendiri tentang Bitcoin disini.

Binance

Ada sejumlah koin serupa dan harganya jauh lebih murah. Saya memiliki beberapa seperti WAVE, AOA, XLM. Sebagai gambaran saja, di platform trading Indodax, ada 70 kenis koin yang diperjualbelikan layaknya emas, sebagai investasi. Tapi untuk market luar negeri, terdapat lebih dari itu. Bisa di cek di BINANCE dan OPENLEDGER.

Menjamurnya pasar-pasar transaksi koin seperti BINANCE dan OPENLEDGER telah membuat harga koin mengikuti harga pasar. Jadi, tidak terjadi ketimpangan harga yang bikin sakit mata bila dilihat. Tapi, beberapa koin stabil juga telah diciptakan contohnya USDT, koin ini mengikuti dollar Amerika. Jadi tidak ada fluktuasi tinggi bila disimpan lama.

Sekarang, orang suka membeli bitcoin untuk mencari keuntungan. kalau jangka panjang bentuknya ya, invesatasi, kalau jangka pendek , istilahnya trading. Sama seperti trading di bursa efek atau bursa saham. Kerjaannya buy, sell, buy, sell. 

Tapi, pada trading bitcoin, bisa lebih seru dan lebih leluasa. Pertama, transaksi dilakukan tanpa batas waktu. Ready for 24 hours. Kita boleh trading malam-malam sambil ngopi, atau sambil tiduran dikamar. Hal tidak sama dengan trading di bursa saham, hanya dijadwal jam kerja. Kedua, Bila kamu berada di local market dan ingin ke market luar negeri, silahkan aja, tidak ada batasan untuk ini. Jadi pemindahan koinnya langsung ke wallet kita sendiri di pasar lain, contoh dari Indodax ke Binance. Coba kalau di Pasar saham biasa, bisa pindah?

Dua keunggulan diatas membuat anak muda lebih suka ketimbang meng-investasikan uangnya di bursa saham atau bursa efek. Disana kaku dan naik-turun harga saham masih bisa dikendalikan oleh yang punya kekayaan, istilahnya digoreng jadi saham gorengan. Sedangkan di market coin, pasar itu sulit dimonopoli.

Siapa pula yang sanggup memonopoli milyaran koin, apalagi koin bagus seperti Bitcoin dan PAXG. Kedua koin ini harganya tinggi,  Bitcoin harganya tadi 134.811.000, kalau PAXG harganya 25.600.009 / koin. Volumenya ada milyaran, maka bisa dipastikan sekaya apapun orang , ya, paling hanya terbeli beberapa, tidak bisa melampaui 50% jumlah volumenya.

Uniknya lagi, bila ingin bertransaksi, kita bukan saja pakai real currency seperti rupiah dan dollar saja. Tetapi ada beberapa koin yang juga bisa dipakai sebagai alat membeli koin lain. Tentu koin-koin ini selain stabil, juga lebih dikenal dari koin lain. Saya tidak bisa gambarkan semua. Tapi, di platform Indodax, pembelian hanya memakai rupiah dan koin USDT. Bitcoin juga bisa dipakai, tapi di market lain seperti BINANCE.

Kedepan, bila semakin banyak holder koin-koin digital ini dimana-mana maka dipastikan akan lahir bentuk transaksi pembelaian apapun memakai koin-koin tersebut. Karena, untuk memenuhi nilainya sebagai mata uang sudah sangat dekat seperti stabil dan mendapatkan kepercayaan publik.

Okay, begitu saja pendapat saya mengenai Bitcoin the Crypto-currency.

Baca Cerita lainnya : Membaca sastra abad 18+

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here